Cara Mengatasi Android TV Box yang Tidak Bisa Terhubung ke Wifi

Hari ini kebanyakan orang sudah menggunakan perangkat media streaming untuk menonton beragam konten televisi dan video yang disediakan melalui berbagai aplikasi streaming. Salah satu media streaming yang populer saat ini yaitu Android TV Box, namun banyak orang yang mengalami kesulitan terkait gangguan koneksi wifi Android TV Box mereka. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah ini.

Meskipun Android TV Box diisi dengan fitur modern dan teknologi yang hebat, masalah tiba-tiba dalam hal koneksi jaringan dapat sangat menyebalkan. Hal ini dikarenakan koneksi jaringan memegang peranan penting untuk menampilkan beragam konten yang tersedia di TV Box. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara mudah untuk mengatasi masalah terkait wifi Android TV Box yang tidak bisa tersambung ke wifi.

Tentang Android TV Box dan Ketidaksambungannya

Android TV Box adalah perangkat yang dirancang khusus untuk menikmati media dan permainan internet di layar TV Anda, memungkinkan Anda untuk menonton berbagai jenis film, permainan on-demand, streaming TV, dan lainnya. Namun, nyatanya, ia juga berpotensi menghadapi masalah koneksi internet yang membuatnya tidak terhubung ke Wi-Fi.

Beberapa penyebab kedua perangkat tidak bisa terhubung ke Wi-Fi adalah karena:

  • Modul Wi-Fi bermasalah
  • Batasan koneksi Wi-Fi
  • Konfigurasi jaringan yang tidak tepat
  • Driver Wi-Fi yang usang
  • Perangkat lunak yang tidak terkini
  • Ketidakcocokan antara WiFi Box dan modem.

Namun, dengan banyaknya masalah yang terjadi, Anda bisa menemukan cara mengatasinya dengan mudah. Berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah koneksi Wi-Fi pada Android TV box.

Tahap Memperbaiki dan Pengujian Koneksi

Setelah kita mencari tahu penyebab kenapa Android TV Box Anda tidak bisa terhubung dengan WiFi, saatnya kita memperbaiki koneksi dan menguji kembali apakah Android TV Box Anda sudah berhasil terhubung dengan internet atau belum. Berikut langkah-langkahnya:

Memperbaiki Koneksi

1. Pastikan Anda berada di jangkauan jaringan WiFi yang kuat, karena sinyal seluler atau WiFi lemah akan mempengaruhi koneksi.

2. Matikan Android TV Box Anda dan kabel power selama 1 sampai 2 menit. Ini akan memungkinkan tabung TV untuk menghidupkan kembali memori dari TV dan membawa pembaruan jaringan ke sistem Anda.

Pengujian Koneksi

Setelah itu, Anda bisa melakukan uji coba untuk memastikan apakah Android TV Box Anda sudah berhasil terhubung dengan WiFi. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  • Buka aplikasi pengaturan di perangkat Anda, lihat apakah tanda WiFi sudah menyala.
  • Aturlah kembali daftar jaringan WiFi, dan coba hubungkan lagi dengan WiFi. Pastikan Anda telah memasukkan password yang tepat.
  • Coba buka aplikasi internet atau browser, lalu coba untuk melakukan pencarian di internet.

Jika Android TV Box Anda sudah dapat terhubung dengan internet, maka selamat karena Anda sudah berhasil menyelesaikan masalah Anda. Namun jika masalah ini tetap berlanjut setelah memperbaiki dan uji coba koneksi, ada baiknya Anda menghubungi pembuat perangkat ini untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Mungkinkah Anda Membutuhkan Perangkat Tambahan?

Mungkin saja, manajemen koneksi Wi-Fi dari Android TV Box Anda mungkin membutuhkan perangkat tambahan dalam untuk menyelesaikan masalahnya. Perangkat tambahan yang dibutuhkan adalah memori eksternal, repeater Wi-Fi atau Powerline Adapter. Berikut adalah deskripsi singkat dari ketiganya.

Memori Eksternal

Memori eksternal adalah perangkat atau media penyimpanan yang berdiri sendiri yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan banyak data. Hal ini dapat menyelamatkan Android TV Box Anda dari koneksi Wi-Fi tak lagi stabil. Untuk menggunakannya, Anda bisa menghubungkannya ke port USB pada Android TV Box, dan kemudian menyimpan download yang telah Anda lakukan.

Repeater Wi-Fi

Repeater Wi-Fi adalah pemancar Wi-Fi yang juga menerima sinyal Wi-Fi agar meningkatkan jangkauan dari jaringan Wi-Fi Anda. Ada juga repeater Wi-Fi multi-jaringan, yang bisa meningkatkan jangkauan jaringan di rumah sambil melindungi jaringan tersebut dari ancaman di luar sana. Dengan mendukung jaringan Wi-Fi dengan repeater, Anda harus memastikan bahwa Anda hanya menggunakan repeater yang kompatibel dengan Anda Android TV Box.

Powerline Adapter

Powerline Adapter adalah alat yang memungkinkan Anda menghubungkan modem, router, dan perangkat lainnya ke jaringan jarak jauh dengan menggunakan kabel penghantar listrik. Powerline Adapter memberi Anda jangkauan yang lebih luas atau dapat meningkatkan kecepatan transfer data setiap detik. Menghubungkan Android TV Box Anda ke jaringan jarak jauh membuat saluran koneksi yang stabil dan bahkan lebih kuat.

Kesimpulan

Android TV Box merupakan suatu media untuk penikmatan layanan media streaming yang mudah diakses dengan koneksi internet. Namun jika Android TV Box anda tidak bisa terhubung ke Wi-fi, anda harus cepat segera memperbaiki kondisi ini agar anda bisa menikmati layanan media streaming yang disediakan.

Salah satu cara untuk memperbaiki Android TV Box yang tidak bisa terhubung ke Wifi adalah dengan melakukan reset, atau dengan memeriksa setingan Wi-fi serta hal lain yang bisa menyebabkan Android TV Box anda tidak bisa terhubung ke internet.

Leave a Comment