Cara Mengganti Password Wifi di HP Android

Kebutuhan akses internet yang cepat dan menguntungkan tentunya menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Hal ini menyebabkan ramai orang yang ingin mengganti sandinya untuk mengamankan keamanan akses terhadap jaringan wifi di HP android mereka.

Cara mengganti password wifi di HP android terbilang cukup mudah jika kita mengetahui bagaimana cara yang tepat. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin mengganti password wifi di HP Android, maka Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Kebutuhan

Untuk mengganti password wifi di HP Android, anda memerlukan pengetahuan dasar tentang bagaimana cara arka mengganti password wifi di Android. Juga, anda perlu memastikan untuk telah menyiapkan berbagai hal berikut sebelum memulai proses mengganti password wifi diHP Android Anda.

  • Koneksi wifi yang stabil
  • Pastikan anda telah mengetahui nama wifi dan password lama yang telah Anda gunakan
  • Memilih nama dan password baru untuk wifi yang akan Anda gunakan nantinya

Langkah-langkah Mengganti Password Wifi di HP Android

Sebagian besar pengguna android pasti pernah mengalami lupa password wifi. Untuk mengganti password wifi di handphone android, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

Langkah 1: Masuk ke Pengaturan

Pertama-tama, kamu perlu masuk ke pengaturan. Lalu pergi ke bagian Wi-Fi yang berada pada menu. Biasanya terdapat pada simbol lingkaran dimana tab Biaya (Costs) dan lokasi (Location) juga terletak.

Langkah 2: Mengganti Nama Jaringan / Network Name (SSID)

Setelah masuk ke pengaturan Wi-Fi, temukan Nama Jaringan / Network Name (SSID). Selanjutnya, pilih opsi edit untuk merubah. Isi nama jaringan baru, lalu simpan.

Langkah 3: Mengganti Password

  • Selanjutnya, kamu perlu memilih keamanan yang digunakan oleh jaringan Wifi. Seringkali berupa WPA2 PSK.
  • Kemudian, kamu bisa memilih opsi edit untuk merubah password. Isi password yang kamu inginkan, inputkan angka dan huruf. Akhiri dengan menyimpan perubahan.
  • Periksa kembali konfigurasi jaringan kamu, pastikan semuanya sudah benar. Dan jangan lupa untuk mencatat penggantian password baru.

Langkah 4: Menyimpan dan Menyambung Ulang Jaringan

Terakhir, kamu perlu menyimpan dan menyambung ulang jaringan Wifi yang telah kamu rubah. Selanjutnya, masukkan password dan sambungkan ulang.

Tips Menjaga Keamanan Password Wifi

Keamanan password wifi begitu penting hingga membuat pengguna sangat dituntut untuk memastikan kata sandi mereka tetap aman. Tidak hanya saja masalah pencurian peretasan wireless, pastikan juga orang-orang dari luar tidak bisa terhubung ke jaringan dan menggunakan daya tinggi. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga password wifi Anda tetap aman:

  • Ganti kata sandi wifi secara berkala. Anda sebaiknya ganti kata sandi Anda setiap 6 bulan sekali agar memastikan bahwa inti dari keamanan yang Anda miliki belum terbuka bagi peretasan atau penyebaran yang tidak di inginkan.
  • Usahakan menggunakan password yang gabungan dari angka, huruf, dan simbol.
  • Gunakan kata sandi yang unik untuk setiap jaringan yang Anda buat. Hal ini akan membuat lebih susah bagi orang luar untuk bisa masuk ke jaringan Anda.
  • Hindari penggunaan password yang mudah untuk di ingat. Kata sandi seperti tanggal lahir tetap tidak disarankan.
  • Untuk handheld device, pastikan Anda sudah menggunakan sistem keamanan yang canggih seperti verifikasi dua langkah atau sistem keamanan sidik jari yang lebih aman lagi.

Kesimpulan

Cara mengganti password Wifi di HP Android cukup mudah. Anda hanya perlu membuka pengaturan Wifi, memilih jaringan yang ingin diubah kemudian ganti password. Tidak ada gunanya membuat password Wifi yang rumit jika Anda tidak memperbarui security setiap bulan sekali.

Kurangi risiko serangan hacker dengan menyimpan kata sandi Wifi Anda secara aman di luar kontrol Anda, melakukan pengecekan antivirus reguler dan terus memperbarui password Wifi Anda secara berkala untuk memastikan bahwa keamanan Anda terjamin.

Leave a Comment