Cara Membuat Autotext di Android Tanpa Aplikasi

Telepon genggam Android adalah alat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat. Selain itu, ponsel Android dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang memungkinkan Anda memiliki produktivitas tinggi. Salah satu hal yang berguna yang dapat Anda lakukan pada telepon Android Anda adalah menggunakan autoteks. Autoteks adalah fungsi alat yang memungkinkan Anda mempercepat pengiriman pesan teks.

Meskipun autoteks banyak tersedia sebagai aplikasi luar, Anda tidak perlu mendownload salah satu untuk menggunakan autotext. Di sini, kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana Anda dapat dengan mudah membuat autoteks pada perangkat Android tanpa menggunakan aplikasi third-party. Langsung saja, ini adalah cara yang Anda butuhkan untuk mengakses autoteks di Android Anda tanpa aplikasi.

Proses Persiapan

Untuk membuat Autotext di android tanpa aplikasi diperlukan beberapa proses persiapan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Pastikan android Anda sudah diupdate ke versi terbaru
  • Buka Pengaturan di android Anda
  • Kemudian jelajahi menu yang terdapat dalam pengaturan
  • Aktifkan aksesibilitas dalam pengaturan andorid Anda
  • Pilih opsi Shortcut Tekan dan Tahan
  • Aktifkan opsi Shortcut Tekan dan Tahan

Setelah melakukan beberapa proses persiapan diatas, Anda sudah siap untuk membuat Autotext di android tanpa aplikasi, simak tutorial selanjutnya.

Langkah-Langkah untuk Membuat Autotext di Android Tanpa Aplikasi

Langkah-langkah untuk Membuat Autotext

Ketika ingin mempercepat kecepatan ketik yang kita lakukan, otomatisasi atau autotext dapat menjadi solusinya. Android memiliki fitur autotext untuk memudahkan penggunanya. Autotext memudahkan kita untuk mengetikkan kalimat-kalimat yang sering kita pakai tanpa harus mengetik ulang sekali lagi. Berikut langkah-langkah untuk membuat autotext di android tanpa aplikasi.

Langkah 1: Nyalakan Autotext Android

Langkah pertama, pastikan pengguna telah mengaktifkan autotext androidnya. Caranya, buka “Settings” di Android lalu masuk ke bagian “Language & Input”. Dari tab “Keyboards & Input Methods”, tekan tombol “Google Keyboard”. Kemudian aktifkan “Autocorrect” dan “Personalised Suggestions”. Pengguna akan melihat menu “Contacts dictionary” di keyboard kita..

Langkah 2: Buat Autotext

Kemudian, pengguna dapat membuat Autotext sesuai keinginannya. Untuk mengaktifkan Autotext, pengguna dapat buka keyboard atau papan ketik di layar smartphone Androidnya. Misalnya pengguna membuat Autotext untuk nama “Nikifor”. Ketikkan “Nikifor” lalu klik tombol simbol tambah (+) di sebelah nama “Nikifor”. Pilih “Add to dictionary”. Dan untuk memudahkan gunakan huruf kapital, misal “nikifor”. Setiap kali pengguna mengetik autotext, nama tersebut dapat terkoreksi sendiri.

Langkah 3: Edit Autotext

Selanjutnya, pastikan autotext berjalan dengan lancar. Caranya, Buka “Language & Input” lalu pilih “Google Keyboard” lalu masuk ke “Text correction”. Di sana pengguna dapat memeriksa daftar autotext yang sudah dibuat dan sekaligus memperbaiki Autotext jika perlu.

Langkah 4: Hapus Autotext

Terakhir, ketika pengguna tidak lagi membutuhkan palaut Autotext, pengguna dapat menghapusnya. Caranya, buka “Language and input” di Android lalu masuk ke “Google Keyboard”. Pilih “Text Correction” dan buka “Personalised Suggestions”. Di sana, pengguna dapat men-tap-lalu-tekan palaut autotext yang ingin dihapus. Pada tanda penghapus sebelah autotext, pilih hapus. Autotext sudah terhapus.

Kegunaan Autotext

Autotext adalah fitur yang memungkinkan pengguna smartphone melakukan proses yang lebih cepat saat mengetik. Autotext dapat membantu Anda menghemat waktu dan usaha ketika Anda ingin mengetik secara cepat. Selain itu, autotext juga akan membantu Anda dalam melancarkan gerakan ketik Anda dan meminimalkan kesalahan ketik. Mengenal ini, artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat autotext di Android tanpa aplikasi.

Berikut adalah beberapa kegunaan autotext di Android:

  • Autotext akan membantu Anda berbicara dengan cepat. Autotext dapat membantu Anda mengetik dengan cepat dan dengan tepat tanpa harus banyak menghabiskan waktu.
  • Autotext akan memungkinkan Anda untuk mengeksekusi atau mengetik kata yang sama dalam jarak waktu yang pendek. Hal ini akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.
  • Autotext akan membuat Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas mengetik lebih mudah dan dengan cepat. Autotext membuat Anda dapat dengan cepat mengetik, mengedit, dan menyalin teks tanpa harus memikirkan banyak hal.
  • Autotext juga dapat membantu Anda untuk menghindari masalah spellers atau kesalahan pengetikan. Dengan menggunakan autotext, Anda dapat dengan mudah mengoreksi kesalahan yang telah Anda buat dan Anda tidak perlu lagi memikirkan aturan ejaan.

Mudah dan Luangkan Waktu Anda

Berdasarkan tutorial diatas, Anda telah melihat cara mudah membuat Autotext di Android tanpa harus membeli aplikasi. Penggunaan Autotext dapat membantu Anda menghemat waktu, karena Anda tidak perlu menulis ulang setiap teks yang sama.

Selain itu, karena Anda menggunakan perangkat cadangan telah disetel sebelumnya Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data Anda. Jadi, cobalah dan manfaatkan fitur Autotext ini untuk menghemat waktu Anda!

Leave a Comment