Panduan Langkah Demi Langkah Cara Membuat Aplikasi Android di Eclipse

Pembuatan aplikasi Android di Eclipse adalah proyek yang menantang namun sering digunakan oleh para programmer untuk membuat aplikasi yang modern dan berguna. Dalam panduan ini, Anda akan belajar bagaimana cara menerapkan metodologi yang benar untuk membuat aplikasi Android dengan Eclipse.

Tahap-tahap dalam panduan ini diurutkan secara sistematis dalam langkah-langkah sederhana yang dapat secara mudah diikuti. Itu berarti Anda dapat mengikuti panduan ini di mana saja dan kapan saja tanpa masalah, baik itu dari mulai melakukan instalasi hingga menyelesaikan Aplikasi Android Anda.

Persiapan Sebelum Membuat Aplikasi Android di Eclipse

Sebelum dapat membuat Aplikasi Android di Eclipse, alangkah baiknya Anda melakukan beberapa persiapan yang diperlukan oleh Eclipse supaya dapat melakukan kompilasi (compiling) dan penyimpanan (saving) aplikasi Android.

Berikut ini adalah potongan panduan langaah demi langaah cara mempersiapkan Eclipse agar dapat membuat aplikasi Android:

Menginstal JDK

JDK (Java Development Kit) merupakan piranti lunak yang berfungsi sebagai alat untuk membuat aplikasi berbasis java pada komputer yang terinstal sistem operasi Windows. Dengan memasang JDK, Anda dapat melakukan kompilasi dan penyimpanan aplikasi Android di Eclipse. Anda dapat menginstal JDK anda melalui tautan download berikut: JDK Download

Menginstal ADT Plug-in

ADT plugin (Android Development Tools) merupakan piranti lunak yang fungsinya untuk memudahkan Anda mengembangkan dan mengerjakan aplikasi Android Anda di Eclipse. Anda bisa menginstal ADT Plugin melalui langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan buka Eclipse Anda dan pilih menu Help > Install New Software…
  2. Silahkan masukkan URL https://stuff.mit.edu/afs/sipb/project/android/docs/tools/sdk/eclipse-adt.html pada kotak Work with dan klik Add… atau enter
  3. Silahkan ceklis kotak yang berisikan semua pilihan dari Developer lalu klik Select All
  4. Kemudian klik Next >
  5. Setelah itu klik Next > lagi dengan membaca kebijakan lisensi,lalu klik I accept the terms of the license agreement dan akhirnya klik Finish

Tunggu hingga proses instalasi selesai dan Restart eclipse kemudian Anda sudah siap untuk membuat Aplikasi android Anda di Eclipse.

Memulai Membuat Aplikasi Android di Eclipse

Memulai Membuat Aplikasi Android di Eclipse

Eclipse adalah salah satu compiler utama yang digunakan selama proses pembuatan aplikasi Android. Di sini akan dibahas tentang cara membuat aplikasi Android di Eclipse.

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah yang dapat Anda gunakan untuk memulai membuat aplikasi Android di Eclipse:

  1. Untuk memulai,pertama-tama, Anda harus menginstal Eclipse IDE. Eclipse IDE tersedia untuk informasi lengkap, salinan gratis, dan dukungan pengembang pada situs web resminya.
  2. Selanjutnya, Anda harus menginstal JDK yang dibutuhkan untuk penggunaan pengembangan aplikasi Android. Setelah itu, Anda harus menyebarkan aplikasi SDK Android dan plugin ADT (Android Development Tools).
  3. Kemudian buka Eclipse. Anda akan melihat antarmuka Eclipse standar yang terdiri dari beberapa window, editor kode yang disorot, dan perspektif.
  4. Selanjutnya, Anda harus menentukan rincian project Anda, termasuk nama proyek, jenis Android yang digunakan, dan lokasi proyek.
  5. Selanjutnya membuat halaman XML. Halaman XML digunakan untuk membuat antarmuka dan juga untuk menentukan interaksi elemen antarmuka dengan kode Java.
  6. Setelah menyelesaikan antarmuka, Anda akan membuat class Java yang akan menjadi tempat semua kode logis aplikasi yang telah Anda siapkan.
  7. Selanjutnya, Anda harus menguji aplikasi Anda dan memantaunya dengan menggunakan tools ADT dan emulator.
  8. Terakhir, Anda dapat mengoakses file APK untuk mempublikasikan aplikasi di Google Play Store atau bahkan membagikannya ke teman-teman.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat membuat aplikasi Android di Eclipse dalam waktu relatif singkat. Jadi, mulailah membuat aplikasi Android dengan Eclipse sekarang juga!

Langkah-Langkah Upload Aplikasi Android di Eclipse

Jika Anda mendapatkan aplikasi Android dari sumber yang Anda percaya, yang ingin Anda terapkan di smartphone Anda, maka upload aplikasi Android tersebut di Eclipse adalah hal yang perlu dilakukan. Mari simak langkah-langkah di bawah ini untuk memulai upload aplikasi Android di Eclipse.

  1. Pertama-tama, pastikan bahwa komputer Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android. Hal tersebut berarti, selain Eclipse, Anda juga harus memasang Android-SDK dan memilih platform yang ingin Anda gunakan.
  2. Kemudian, Anda harus mengunduh file aplikasi Android yang ingin di-install di Eclipse. File aplikasi Android ini biasanya berupa file APK.
  3. Setelah Anda mendownload file aplikasi Android tersebut, copy dan tempelkan file tersebut ke folder yang sudah Anda tentukan.
  4. Tidak seperti aplikasi iOS, aplikasi Android sebelum di-upload ke perangkat Android, aplikasi Android harus ditandatangani secara digital. Dan Eclipse memiliki saran dalam hal ini. Gunakan Android Asset Packing Tool (APT) untuk menangani proses penandatanganan aplikasi secara digital.
  5. Setelah Anda menggunakan APT, Anda juga harus menentukan file axml yang menjadi file konfigurasi yang digunakan dalam aplikasi Android.
  6. Selanjutnya, Anda harus memasang drive Android di komputer Anda. Anda bisa memasang drive yang telah telah dimiliki oleh Eclipse atau menggunakan drive yang disediakan oleh perangkat Android yang Anda gunakan.
  7. Setelah driver terpasang, Anda harus men-debug aplikasi Anda di ponsel Anda. Pasangkan ponsel Anda ke komputer Anda, lalu terapkan aplikasi yang ingin Anda masang dengan menggunakan Android Debug Bridge (ADB).
  8. Setelah Anda selesai memasang dan men-debug aplikasi Android Anda, cobalah untuk membuka aplikasi Anda dan Anda juga dapat memeriksa apakah Anda telah berhasil men-debug aplikasi Android Anda atau tidak.
  9. Setelah Anda yakin bahwa Anda telah berhasil men-debug aplikasi Android Anda, Anda dapat me-publish aplikasi Android Anda.

Dengan cara tersebut, Anda sudah dapat dengan mudah melakukan upload aplikasi Android di Eclipse. Tentu saja, Anda dapat mengubah aplikasi Android Anda ketika proses upload selesai, agar semakin maksimal penggunaannya.

Kesimpulan

Membuat aplikasi Android di Eclipse bukanlah hal yang sulit, tetapi butuh proses yang tepat dan ideal. Perjalanan mulai dari membuat akun Google Play, membuat proyek, menambahkan kode yang diperlukan, dan membuat build akhir untuk membuat aplikasi siap digunakan.

Sumber daya ini telah memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu orang-orang yang ingin membuat aplikasi Android proprietari. Proses pembuatannya dijamin akan membutuhkan waktu, oleh karena itu disarankan agar pelaku mempersiapkan dan mempersiapkan proyek dengan benar sehingga waktu dan usaha yang dihabiskan menjadi lebih efisien.

Leave a Comment