Cara Mengetahui SSID WiFi yang Di-Hidden Lewat Android

orang-orang di era modern pasti memilih untuk melakukan banyak hal secara digital, termasuk berkoneksi dengan internet di rumah dengan menggunakan WiFi. Namun, bagaimana jika WiFi tersebut disembunyikan (di-hidden)? Ada beberapa cara untuk mengetahui SSID (nama jaringan) WiFi yang di-hidden lewat Android.

Berikut adalah panduan yang dapat membantu Anda mengetahui SSID WiFi yang di-hidden di Android. Dengan applications tertentu dan alat-alat khusus, Anda dapat dengan mudah menemukan referensi SSID dan menghubungkannya dengan mudah. Namun, pastikan untuk mematuhi semua aturan privasi serta hak milik ketika menggunakan WiFi yang di-hidden.

Apa Itu SSID?

SSID adalah singkatan dari Service Set Identifier, merupakan suatu nama unik yang membedakan antara satu jaringan Wi-Fi dengan yang lainnya. SSID bisa dipakai untuk mengidentifikasi sebuah jaringan Wi-Fi dengan benar. SSID juga bertugas untuk me-manage dan mengkoordinasi jaringan Wi-Fi kedalam dua sisi yaitu jaringan nirkabel ataupun jaringan LAN.

SSID ada bagaimana mengurangi atau mengatasi kesalahan ketika mencoba menggunakan jaringan Wi-Fi dan SSID juga digunakan untuk mengatur beberapa rambu-rambu di jaringan Wi-Fi seperti data yang dikirim, kecepatan transfer, juga pengaturan keamanan.

Fitur-Fitur SSID

  • Mengidentifikasi jaringan Wi-Fi
  • Menghubungkan Wi-Fi dalam jaringan
  • Mengatur, mengkoordinasikan, dan mengatur jaringan
  • Mengatur beberapa parameter untuk dikirim dan diterima data

Cara Mendeteksi SSID Tersembunyi di Android

Saat ini banyak pengguna Android yang ingin mengetahui SSID WiFi yang disembunyikan (hidden). Namun, menemukan SSID tersembunyi di Android bukanlah tugas yang mudah. SSID tersembunyi adalah SSID yang tidak tercantum dalam daftar jaringan di smartphone Anda. Namun, anehnya, jika Anda bersedia melakukan beberapa tugas, Anda bisa mendeteksi jaringan WiFi yang disembunyikan dengan mudah.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengetahui jaringan yang disembunyikan lewat perangkat Android. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menemukan SSID yang disembunyikan lewat Android:

Cara Mendeteksi SSID Tersembunyi di Android:

  • Pertama, Anda harus memakai aplikasi pencari jaringan yang dapat membantu Anda mendeteksi jaringan yang disembunyikan. Aplikasi ini akan memeriksa daerah sekitar Anda, dan melaporkan pada Anda jaringan yang terdeteksi.
  • Kedua, Anda bisa memakai aplikasi wifi analisis. Aplikasi ini akan membuat jaringan yang disembunyikan terlihat di Android. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa koneksi Bluetooth dan menganalisis jaringan radio juga.
  • Ketiga, Anda bisa menggunakan aplikasi wifi skaner. Aplikasi ini akan membuat jaringan yang disembunyikan terlihat di Android Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda dengan mudah menemukan jaringan dan mengetes nilai signal yang diterima dari jaringan.
  • Keempat, jika Anda tidak memiliki salah satu aplikasi di atas, Anda dapat menggunakan layanan Wi-Fi. Dengan layanan ini, Anda akan dapat menemukan SSID tersembunyi di Android Anda. Anda juga dapat mengakses layanan ini untuk memperkuat sinyal di daerah Anda atau bahkan mengetahui asal SSID yang disembunyikan.
  • Kelima, Anda juga bisa menggunakan aplikasi wifi sniffer. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk mendeteksi jaringan yang disembunyikan dan menganalisa sinyal dari jaringan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mendeteksi jaringan yang disembunyikan.
  • Terakhir, Anda dapat mengakses console jaringan. Dengan mengakses console jaringan, Anda dapat mengatur pengaturan jaringan agar SSID yang disembunyikan ditampilkan di daftar jaringan Anda.

Dengan beberapa cara yang dijelaskan di atas, Anda akan dapat dengan mudah mengetahui SSID WiFi yang disembunyi lewat Android. Semoga informasi yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Untuk Mendeteksi SSID

Setiap wifi awalnya memiliki SSID (Service-Set Identifier) yang berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan wifi. Namun, ada kalanya berbagai alasan yang membuat orang memilih untuk merahasiakan SSID wifi mereka dari scan umum. Sehingga orang tidak akan bisa menggunakan atau terhubung ke wifi mereka tanpa tahu SSID tersebut. Masalah yang sering dihadapi ketika mencoba untuk mengetahui apakah ada SSID yang di-hidden adalah bahwa biasanya tidak terlihat dalam pemindaian jaringan umum.

Namun, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi dari Android untuk mendeteksi SSID yang disembunyikan. Dengan melakukan tugas dengan benar, kamu bisa mengetahui SSID yang disembunyikan dari jangkauan wifi secara efisien. Berikut adalah cara mendeteksi SSID yang di-hidden menggunakan aplikasi di Android.

Langkah-Langkah:

  1. Download dan instal aplikasi dari Google Play Store seperti Wifi Analyzer atau Wifi Connecter Library.
  2. Setelah aplikasi terinstal, Anda harus me-refresh wifi agar yang Anda gunakan ditampilkan pada layar smartphone.
  3. Setelah me-refresh wifi, Anda harus mencari SSID yang di-hidden dari daftar SSID yang ada.
  4. Anda harus lihat dengan detail daftar jaringan wifi yang tersedia. Untuk mengetesi aplikasi ini, Anda harus memastikan bahwa jaringan memiliki nama dan peringkat kanal, dan tidak menampilkan SSID. Ini mengindikasikan akan adanya SSID yang di-hidden di sekitar Anda.
  5. Anda bisa mencoba mencari informasi lain tentang SSID yang di-hidden dengan mencoba menghubungkan smartphone dengan jaringan tersebut.
  6. Jika sudah berhasil menghubungkan ke jaringan wifi, Anda akan bisa mengetahui informasi lain seperti MAC address, encryptation dan sebagainya.

Kesimpulan

Mengubah koneksi Wi-Fi, sama halnya dengan melihat informasi SSID Wi-Fi yang disembunyikan yang terhubung dengan perangkat Anda, bisa menjadi mudah berkat perkembangan teknologi. Terutama bagi pengguna Android, dengan bantuan zanti Anda dapat terhubung dengan SSID Wi-Fi yang disembunyikan tanpa harus mengubah setelan jaringan. Selain itu, menggunakan beberapa alat juga dapat membantu Anda mengetahui informasi SSID Wi-Fi yang tersimpan di ponsel Android Anda.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui SSID Wi-Fi yang tersimpan di ponsel Android Anda adalah dengan menggunakan tindakan hack Wi-Fi dengan aplikasi seperti wifi hacker, wifi inspector atau wifi warden. Walaupun metode ini bisa dilakukan untuk melihat informasi Wi-Fi, namun tetap disarankan untuk mengenali izin yang dimiliki ketika mengakses jaringan Wi-Fi yang disembunyikan.

Leave a Comment