Sejarah Wifi di Perangkat Android

Pengguna perangkat Android, besar kemungkinan hesteklah menggunakan jaringan Wifi untuk terhubung internet. Wifi telah menjadi hal yang lazim di tahun 2019, namun sejarah Wifi dimulai ratusan tahun yang lalu.

Kini, Wifi telah menjadi standar di hampir semua perangkat elektronik, mulai dari smartphone, laptop, hingga televisi. Kultur Wifi telah berkembang sangat signifikan dengan implementasinya di perangkat Android. Mari kita menelusuri riwayat Wifi di perangkat Android.

Apa Itu Wifi?

Wi-Fi adalah jaringan lokal nirkabel (WLAN) yang memungkinkan perangkat yang terhubung ke jaringan untuk bertukar informasi satu sama lain. Jaringan Wi-Fi dapat didefinisikan sebagai infrastruktur berbasis nirkabel yang memungkinkan komunikasi data antara stasiun-stasiun yang berbeda atau satu titik perangkat yang tertentu. Pengguna Wi-Fi dapat berbagi berkas melalui internet, bekerja secara grup bersama, dan menggunakan beragam aplikasi jaringan.

Fitur Standar Wi-Fi adalah sebagai berikut :

  • Tingkat kesalahan tinggi dibandingkan dengan kabel.
  • Beda jenis antena yang digunakan untuk meningkatkan jaringan.
  • Data ditransmisikan dengan cepat dan cukup aman.
  • Memudahkan untuk bertukar file, berkomunikasi dan berbagi sumber daya.
  • Banyak produk nirkabel yang tersedia di pasaran.

Sejarah Wifi di Perangkat Android

Perangkat Android sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Setiap duak dari kita punya perangkat Android yang memudahkan akses ke internet. Bagaimanapun, penggunaan WiFi di perangkat Android tidak selalu ada. Sejarah WiFi di perangkat Android sangat panjang.

Awal WiFi di Perangkat Android

Pada tahun 2008, T-Mobile G1, atau yang biasa dikenal sebagai HTC Dream, menjadi ponsel pertama yang dipasarkan dengan dukungan Wi-Fi. Ponsel ini dijual di Amerika Utara dan Eropa, dan menawarkan dukungan untuk 802.11b dan 802.11g. Setelah itu, dengan hadirnya dukungan untuk 802.11n pada 2009, perangkat Android pun mulai bisa menikmati koneksi WiFi yang lebih cepat.

Dukungan Wi-Fi lebih baik

Seiring dengan berkembangnya smartphone dan tablet Android, dukungan Wi-Fi pun semakin baik. Pada 2012, perangkat Android pun mulai mendukung Dual Band, sehingga perangkat bisa menggunakan lebih dari satu kanal komunikasi untuk akses internet lebih cepat. Kemudian, pada 2013, perangkat Android menawarkan dukungan untuk jaringan lokal yang terhubung antara perangkat. Fitur ini dinamakan Wi-Fi Direct.

Koneksi Wi-Fi Hotspot

Wi-Fi Hotspot juga dibenamkan di beberapa perangkat Android, yang memungkinkan perangkat untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Wi-Fi Hotspot sangat berguna karena memungkinkan perangkat Android untuk menshare koneksi ke perangkat lain tanpa melalui jaringan kabel atau modem. Selain itu, Wi-Fi Hotspot juga memungkinkan Anda untuk menggunakan internet dari WiFi di tempat-tempat yang belum menggunakan hotspot sebelumnya.

Fitur Wi-Fi di Android Saat Ini

Saat ini, perangkat Android menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Wifi dengan lebih mudah dan cepat. Beberapa diantaranya adalah:

  • Wi-Fi Scanning – Perangkat Android mampu melakukan pemindaian secara otomatis di Wi-Fi tersedia di sekitar Anda.
  • Kontrol Jaringan – Pengguna bisa mengontrol jaringan serta menyeting intervel atau jumlah pemindaian di setiap sinyal WiFi.
  • SSID, Channel, dan Jenis Sandi – Anda dapat mengetahui jenis sandi yang digunakan, SSID, dan channel WiFi untuk mengonfigurasi koneksi.

Selain fitur di atas, perangkat Android memiliki berbagai fitur tambahan yang memudahkan penggunanya dalam memanfaatkan WiFi. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses internet kapan pun mereka inginkan.

Manfaat dan Kelebihan Wifi di Perangkat Android

Koneksi Wifi sudah menjadi standar saat ini. Koneksi internet Wifi (Wireless Fidelity) banyak digunakan untuk komunikasi berbasis internet dan menawarkan berbagai manfaat jika diterapkan di perangkat Android.

Wifi memiliki berbagai macam manfaat bagi pemilik perangkat Android. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari menggunakan koneksi Wifi untuk perangkat Android:

  • Kecepatan yang cepat. Koneksi Wifi umumnya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi daripada koneksi tetap. Hal ini memudahkan pengguna Android untuk menikmati berbagai layanan internet tanpa mengalami gangguan.
  • Jangkauan luas. Koneksi Wifi tidak hanya dibatasi oleh batas geografis. Pengguna dapat mengakses koneksi Wifi dari lokasi yang berbeda.
  • Biaya pemeliharaan yang rendah. Koneksi Wifi tidak memerlukan biaya tinggi untuk pemeliharaan seperti koneksi tetap.

Selain manfaat-manfaat tersebut, koneksi Wifi di Windows Phone juga memiliki berbagai macam kelebihan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Baterai perangkat. Koneksi Wifi dapat meningkatkan durasi baterai dari perangkat Android. Ini karena koneksi Wifi hanya mengonsumsi energi yang sedikit sehingga mengurangi beban baterai.
  • Kerja di luar jangkauan jaringan. Koneksi Wifi sangat berguna jika suatu lokasi tidak terjangkau jaringan seluler. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung di lokasi apa pun.
  • Keamanan yang tinggi. Koneksi Wifi menawarkan tingkat keamanan yang tinggi daripada koneksi tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna Android untuk melakukan berbagai transaksi secara aman.

Koneksi Wifi di perangkat Android adalah hal yang sangat penting dan membantu pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas. Dengan beberapa manfaat dan kelebihan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika banyak pengguna Android yang lebih memilih untuk mengaktifkan koneksi Wifi dibandingkan koneksi tetap.

Kesimpulan

Sejarah Wifi di Perangkat Android telah berkembang dengan pesat sejak penemuan teknologi jaringan nirkabel pada tahun 1997. Evolution dari Wi-Fi telah melibatkan sejumlah penyempurnaan yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan koneksi dan meluasnya frekuensi yang tersedia untuk para pengguna. Pengembangan ini telah tercermin di pasar Android, di mana pengguna dapat menikmati teknologi Wifi di berbagai versi perangkat Android.

Wifi saat ini tersedia dalam berbagai jenis dan frekuensi, memungkinkan pengguna Android bersama dengan para pengguna lain dari sistem operasi lainnya untuk secara ampuh mengkonsumsi konten digital. Tidak hanya itu, Wifi telah menjadi standar di banyak pasar selular, sebuah fakta terefirmasi oleh keberadaan fitur Wifi di platform seperti Google Play. Pada dasarnya, Wifi telah membantu Android melewati proses evolusi untuk menjadi platform OS yang kompatibel, kuat, dan hemat energi.

Leave a Comment